Join Us on Facebook



Selasa, 16 Oktober 2007

Saw 2 (2005)



Mas Tom's Review :
Sebetulnya kalau mau jujur, dengan beberapa alasan tertentu, aku nggak terlalu suka nonton film-film model begini di bioskop, selain karena durasi filmnya yang relatif pendek (cuma satu setengah jam), Saw 2 juga nggak bisa dikategorikan sebagai ‘film monumental’ yang wajib ditonton di bioskop seperti halnya trilogi Lord of The Rings, Star Wars, ataupun Gladiator misalnya…

Basically, cerita Saw 2 ini memang erat kaitannya dengan cerita film Saw yang merupakan prequel-nya. Makanya untuk temen-temen yang langsung nonton Saw 2 tanpa sebelumnya pernah nonton Saw pasti akan sedikit bingung, karena ada beberapa adegan dan alur cerita di film ini yang berkaitan erat dengan film pertama.

Jalan ceritanya sendiri cukup sederhana, 8 orang (4 pria dan 4 wanita) yang saling tidak mengenal terkurung di dalam sebuah rumah yang tidak diketahui lokasinya, mereka merupakan bagian dari ‘permainan’ hidup dan mati yang dirancang oleh Jigsaw, seorang pembunuh berantai yang juga psikopat jenius.

Salah satu tokoh wanita yang terkurung itu adalah Amanda, dia adalah satu-satunya orang yang berhasil lolos dari ‘permainan’ Jigsaw di cerita film pertama, tapi sialnya kembali terjebak untuk kedua kalinya dalam ‘permainan’ hidup dan mati ini.

Pada awal film, Jigsaw -yang aslinya ternyata adalah seorang kakek-kakek pengidap kanker- berhasil ditangkap di persembunyiannya oleh Detektif Matthews (diperankan oleh mantan personil NKOTB, Donnie Wahlberg). Dari situ juga baru diketahui kalau diantara 8 orang yang terperangkap dalam ‘permainan’ itu, salah satunya ternyata adalah putra Detektif Matthews.

Ketegangan pun dimulai, karena cepat atau lambat, satu-persatu dari 8 orang yang terperangkap itu pasti akan mati dengan mengerikan, baik oleh jebakan-jebakan maut yang dirancang oleh Jigsaw, atau mati karena menghirup gas beracun yang dialirkan ke seluruh rumah.

Sebagaimana ending dari film Saw, ending dari Saw 2 ini juga memberikan kejutan tersendiri, meski seperti dibilang rifie di komentar posting sebelumnya, untuk penonton yang mengikuti alur cerita dengan seksama sudah bisa menduga siapa dalang dibalik permainan ini, sekaligus membuka kemungkinan untuk dibuatnya Saw 3 sebagai sekuel berikutnya.

Singkatnya, film ini sebetulnya lumayan (terutama kalo suka film misteri / suspense… dan nggak takut dengan banyaknya adegan sadis, plus darah muncrat dimana-mana), tapi kalau menurutku sih masih lebih bagus dan menegangkan filmnya yang pertama, karena ending dari film Saw jauh lebih tidak terduga daripada Saw 2.

1 komentar:

  1. eh salah. lebih seru di fulm saw 3. lo gx pernah nonton ya???
    saw4 juga seru abis..,.,
    makanya lo nonton jangan setgh2.,.,
    jadi ga nyambung kan./././
    gw lagi nggu saw 5.,. yang gx tw kapan keluarnya jugga.,.
    tapi gw te2p setia menanti saw saw yg berikutnya.,.,.,
    lo kdu nonton.,.,.
    lo gx bisa nge nilai suatu film klo lo nonton cuma stgh2...

    BalasHapus