Join Us on Facebook



Kamis, 21 Juni 2012

Perlunya Pemasangan Kamera CCTV


Kejahatan di sebuah mini market atau warung modern makin marak saja.  Pemberitaan di beberapa statsiun televisi tentang perampokan mini market pun lagi santer di beritakan.  Hal ini berdampak pada kerugian material dialami oleh pemilik usaha tersebut.  Pelaku melakukan kejahatan ini bisa secara kelompok maupun sendirian.   

Di Jakarta maupun kota besar lainnya, mini market banyak terdapat di pinggir jalan yang satu tempat dengan tempat lainnya saling berdekatan dan buka bersamaan selama 24 jam.  Tak ayal ketika dinihari kondisi jalanan dan aktivitas masyarakat tidak seramai di siang maupun malam hari.  Rupanya situasi yang cenderung sepi ini dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

Beberapa mini market juga tidak dilengkapi dengan sistem keamanan internal yang memadai, seperti IP Kamera CCTV dan sekuriti.  Padahal kedua hal tersebut penting mengingat kejahatan bisa terjadi menimpa siapa saja, dimana saja dan kapan saja.  

Selain keamanan yang bersifat internal, pihak kepolisian sesuai pasal 2 UU Nomor 2 Tahun 2002 juga berperan menjaga keamanan dimana disebutkan, “Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemeintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat”. 

Oleh karenanya kepolisian harus merumuskan kebijakan yang tepat terkait penanganan kejahatan yang meresahkan pelaku usaha dan masyarakat pada umumnya. Karena perampok sering menggunakan senjata tajam dan senjata api, sehingga sangat membahayakan bagi keselamatan jiwa manusia.  Upaya penegakan selama ini terkesan tidak serius, banyak pelaku kejahatan yang masih dapat berkeliaran dimana-mana.

Perlu di ketahui bahwa mini market yang di pasang dengan kamera CCTV akan cukup membantu aparat keamanan untuk mengungkap tabir kejahatan yang menimpa beberapa mini market dan tidak hanya mini market saja, toko-toko lainnya pun harus di pasang kamera CCTV untuk berjaga-jaga terjadinya kejahatan.

Maka dari itu sangat lah di perlukan perlengkapan keamanan kamera pengintai  pada sebuah toko yang memang kurang akan pertahanan keamanannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar